Maraknya Budaya Titip Absen di Kalangan Mahasiswa



Titip absen. Kata tersebut sudah tidak asing lagi dalam dunia perkuliahan. Titip absen adalah ketika seorang mahasiswa dinyatakan hadir pada pembelajaran di kelas, tetapi pada kenyataannya dia tidak mengikuti perkuliahan. Karena bagi beberapa dosen absensi merupakan salah satu syarat penting yang berpengaruh terhadap nilai, biasanya mahasiswa yang malas untuk pergi ke kampus bekerjasama dengan temannya untuk mengisi absen dengan cara tandatangan di nama si pemalas tersebut. 

Penyebab para mahasiswa sering melakukan titip absen ini ada beberapa alasan. Ada yang karena dirinya sakit sehingga tidak bisa pergi ke kampus, ada yang karena keperluan, ada juga yang malas pergi ke kampus karena terdapat mata kuliah yang ia tidak sukai, dan yang paling parah adalah dirinya tidak bisa bangun pagi alias kebluk karena semalaman begadang. Sebaiknya, dalam kondisi apapun seorang mahasiswa jika tidak bisa mengikuti perkuliahan, lebih baik izin kepada dosen itupun jika ada sesuatu yang mendesak. Dan jika memang sedang malas dan tidak bisa bangun di pagi hari, lebih baik dinyatakan tidak hadir. Karena itu merupakan konsekuensinya. Jadilah orang yang jujur.

Budaya titip absen ini merupakan perilaku menyimpang dan merupakan bibit korupsi. Karena korupsi besar bermula dari kebiasan-kebiasan kecil.  Jika kebiasaan buruk yang kecil seperti itu terus dilakukan, maka semakin lama akan berdampak besar. Orang yang meminta untuk titip absen dan temannya yang menolongnya sama-sama akan mendapatkan dampak buruk. Mereka bisa menjadi bibit cikal bakal adanya korupsi dan suap di masa yang akan datang. 

Stop titip absen yuk! Jadilah mahasiswa yang berintegritas, jujur dan bertanggung jawab. Pikirkan baik-baik pengaruh buruk apa yang akan terjadi jika akan melakukan titip absen. Ingat orangtuamu sudah mempercayakanmu untuk menuntut ilmu, berharap anaknya menjadi orang jujur dan berintegritas bukan untuk membudayakan titip absen!
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESIAPSIAGAAN BENCANA

PENILAIAN RESIKO BENCANA

Jenis dan Karakteristik Ancaman Bencana